021-5315 4969 solution@larona.id

ChromeOS makin populer, Windows kehilangan pangsa pasar

Windows terbilang OS yang sangat umum digunakan oleh pengguna komputer desktop diseluruh dunia. Tetapi dilansir dari statista.com jumlah pengguna windows semakin hari semakin kian menurun. Tercatat januari 2013 pangsa pasar Windows mencapai 90,96% dan semakin menurun setiap tahunnya hingga hanya 74,14% pada januari 2023. 

ChromeOS makin populer diera digitalisasi, Windows kehilangan pangsa pasar! - Larona Prima Solusi

Apa penyebabnya? 

Penurunan pangsa pasar ini utamanya disebabkan dengan semakin populer pesaing Windows yaitu MacOS dan yang baru-baru ini semakin melebarkan sayap yaitu ChromeOS. ChromeOS, sistem operasi milik Google ini dilaporkan telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Terhitung sejak januari 2013 ChromeOS pangsa pasarnya 0.01% dan terus naik mencapai 2,35% pada januari 2023. Yang artinya, pangsa pasar ChromeOS selalu naik hampir 100% tiap taunnya.

Peningkatan ini terjadi terutama dikalangan pelajar. Salah satunya, dilembaga pendidikan dasar dan menengah di AS Chromebook sudah mulai banyak digunakan. Banyak siswa menggunakan Chromebook (Laptop berbasis sistem operasi ChromeOS) dan kini lebih akrab dengan perangkat tersebut dibandingkan dengan Windows.

Mengapa ChromeOS mulai banyak diminati? 

Mari kita bahas satu per satu mengapa ChromeOS dapat melesat cepat pangsa pasarnya :

  1. Perangkat yang dibutuhkan terjangkau

Yup, salah satu mengapa ChromeOS sangat pesat penggunanya yaitu karna perangkat yang dibutuhkan terbilang cukup terjangkau. Karna berbasis cloud tidak dibutuhkan spek yang berat untuk menjalankan ChromeOS, Chromebook pun dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau dibanding perangkat Windows apalagi MacOS. 

2. Pembaharuan otomatis

Pada Windows seringkali penggunanya merasa terganggu karna terlalu sering adanya update pada sistem operasinya. Jika lupa mengunduh versi update terbaru akan terdapat berbagai ancaman yang merusak.  

Berbeda dengan Windows, tanpa perlu repot-repot melakukan pembaharuan, Chrome OS akan mempermudah pekerjaan Anda. Dengan menggunakan Chrome OS, yang Anda perlu lakukan hanya perlu me-reboot laptop Anda dan Chrome OS akan melakukan tugasnya untuk Anda.

3. Terbebas dari serangan virus

Jangan takut virus akan menjangkit laptop Anda. Dengan bantuan dari Linux, laptop Anda akan terproteksi dengan baik walaupun Anda mempunyai aplikasi di Android, mesin di laptop Anda akan menjaga keseluruhan data-data Anda. Katakan selamat tinggal pada virus!

4. Cloud Based

Di era IoT (Internet of Things), adalah hal lumrah untuk menyimpan seluruh data Anda di cloud. Seperti yang dilakukan Google Drive di mana seluruh data Anda tersimpan di Drive yang bisa Anda bagikan dengan mudah pada kolega tanpa Anda perlu mengunggah ulang data-data tersebut. Hal ini tentu dapat mempersingkat waktu, di mana Anda bisa langsung membagikan link atau folder yang ada di Drive Anda.

    5. Privasi terjamin

    Google memiliki serangkaian aplikasi yang cocok untuk urusan bisnis Anda. Anda bisa mengakses semua hal yang Anda butuhkan di Chromebook. Chrome juga mengizinkan Anda untuk membuat laptop dapat digunakan secara bersamaan, jadi tidak perlu khawatir jika orang lain dapat mengakses email pekerjaan Anda. Ketika Anda telah selesai menggunakan Chromebook, Anda bisa langsung keluar (sign out) dan biarkan orang lain masuk (log in) dengan akun mereka untuk menjaga privasi Anda.

      Itulah beberapa keunggulan dari ChromeOS, Tertarik untuk pindah? Cek artikel-artikel menarik lainnya di larona.id

      Bisa juga sharing di akun sosial media kami Instagram