021-5315 4969 solution@larona.id

Meningkatkan produktivitas karyawan merupakan salah satu yang ingin dicapai oleh berbagai perusahaan. Produktivitas yang tinggi dapat membantu perusahaan untuk bisa mengoptimalkan sumber daya yang mereka miliki sehingga mampu mendorong profitabilitas yang jauh lebih besar. 

Dahulu, absen karyawan dilakukan dengan manual melalui tulisan hingga berubah menjadi keycard maupun finger print. Metode-metode tersebut sebelumnya terbukti efektif dari waktu ke waktu, tetapi lama kelamaan membosankan dan menghabiskan waktu.

Absen online adalah contoh kemajuan teknologi yang memungkinkan perusahaan untuk mengotomatisasi manajemen waktu dan memantau aktivitas karyawan.

Lalu bagaimana bisa Meningkatkan produktivitas karyawan pakai Absensi Online? Simak ulasannya dibawah ini!

Meningkatkan produktivitas karyawan pakai Absensi Online - Larona

Cara Memanfaatkan Absensi Online untuk Tingkatkan Produktivitas Karyawan

1. Sistem Kerja yang Fleksibel   

Sistem kerja yang fleksibel sudah sangat populer dan terbukti dapat meningkatkan produktivitas banyak karyawan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Stanford terhadap 16 ribu pekerja menemukan bahwa bekerja dari rumah dapat meningkatkan produktivitas sebesar 13%. Ditemukan juga data bahwa produktivitas karyawan dapat meningkat sebesar 77% saat diberikan kebebasan untuk bekerja secara remote beberapa kali dalam sebulan, menurut survei yang dilakukan oleh Connect Solution.

Dengan absensi online memungkinkan perusahaan untuk bisa menjalankan sistem kerja yang fleksibel seperti kerja remote atau Work From Home (WFH). Sistem Absensi online menyediakan berbagai fitur yang dapat dipergunakan untuk mencatat aktivitas kerja, menghitung jam kerja, bahkan mampu melacak lokasi karyawan. 

Selain itu, sistem kerja remote juga memungkinkan perusahaan untuk bisa merekrut karyawan dengan skill terbaik tanpa harus mengkhawatirkan batasan wilayah. Sehingga, meskipun berada dikota yang berbeda, karyawan tetap dapat bekerja untuk perusahaan Anda.

Tidak perlu ragu lagi untuk menerapkan sistem kerja fleksibel diperusahaan Anda dengan menyediakan sistem Absensi Online sebagai solusi. 

2. Manajemen waktu karyawan yang lebih baik

Dalam sehari, rata-rata karyawan memiliki delapan jam kerja. Setiap orang pastinya memiliki cara kerja yang berbeda-beda dalam mempergunakan 8 jam tersebut. Lalu bagaimana cara memastikan seluruh karyawan menggunakan waktu kerjanya dengan optimal?

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan pada Absensi Online yaitu detail job record. Pada fitur ini karyawan dapat mencacat seluruh urutan kegiatan kerjanya, dilengkapi dengan deskripsi dan pencatatan waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Dengan pencatatan detail seperti ini, karyawan dapat melakukan self review dan self improvement di hari berikutnya.

Sehingga dengan adanya pencatatan detail ini, karyawan dapat melakukan manajemen waktu seperti :

  • Mengurutkan pekerjaan sesuai prioritas

  • Membuat to do list

  • Menetapkan batas waktu untuk menyelesaikan setiap tugas

  • Mengatur waktu ambil jeda istirahat

Dengan melakukan hal-hal diatas, tentu waktu yang dimiliki karyawan akan lebih produktif dan optimal. 

3. Menawarkan bonus dan tunjangan secara adil

Pemberian reward berupa bonus akan membuat karyawan merasa lebih dihargai sehingga mereka akan lebih produktif dan termotivasi saat bekerja. Meskipun demikian, pemberian reward tersebut harus diberikan secara adil karena jika tidak maka pemberian bonus justru akan menciptakan kekecewaan bagi karyawan Anda.

Oleh karena itulah, untuk memastikan bahwa pemberian reward dapat dilakukan secara tepat, perusahaan dapat memanfaatkan absensi online karyawan.

Dari Sistem Absensi Online ini, Anda bisa mengetahui berbagai data sebagai acuan untuk pemberian bonus atau tunjangan seperti tingkat kedisiplinan karyawan, jumlah jam lembur yang dilakukan karyawan, kontribusi karyawan untuk sebuah proyek, dan lain-lain.

4. Menjalin hubungan yang baik dengan karyawan

Memberikan solusi kerja yang fleksibel, reward atau bonus, serta transparansi terkait data kegiatan karyawan dapat mendorong terciptanya hubungan yang lebih baik dengan karyawan. Pada akhirnya, penggunaan Sistem Absensi Online dapat membuat karyawan menjadi lebih bahagia dan terus termotivasi untuk bekerja secara produktif. 

Saat ini sudah ada banyak Absensi Online yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah PRESS dari Larona. Sistem Absensi digital ini memungkinkan perusahaan Anda untuk menerapkan manajemen waktu dan to-do yang lebih baik sehingga produktivitas karyawan dapat terus meningkat.

    Itulah beberapa manfaat dari penggunaan Absensi Online, Tertarik menggunakan Absensi Online? Hubungi disini Whatsapp .
    Komunikasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan profesional kami. Gratis! 

    Cek artikel-artikel menarik lainnya di larona.id

    Bisa juga sharing di akun sosial media kami Instagram