021-5315 4969 solution@larona.id

Kalau menerapkan ini semua dijamin makmur dan sejahtera

Pekerjaan kini semakin beragam jenisnya berkat perkembangan zaman yang terjadi. jadi tidak heran lagi saat melihat mereka yang bekerja dari rumah, mengandalkan koneksi internet dan tidak berseragam seperti orang kantoran. Profesi fleksibel yang sekilas terlihat sangat santai dan menyenangkan tersebut biasa dinamai freelancer atau pekerja lepas. Para freelancer bisa berasal dari berbagai bidang. Mereka memang tidak memiliki jabatan seperti pada umumnya tapi menjadi seorang freelancer itu bukan berarti hal yang mudah. Walaupun banyak hal enak yang gak bisa dirasakan pekerja kantoran, tetap ada prinsip tertentu yang harus dijaga para freelancer.

Berikut adalah beberapa prinsip dasar yang wajib dimiliki para freelancer.

 

1. Buat standar kerjamu

Freelancer dan pekerja kantoran itu berbeda. Maka jangan samakan hal yang freelancer kerjakan dengan apa yang orang lain di kantor kerjakan. Buat standar kerjamu, mulai dari jam kerja, tugas dan pekerjaan, hingga penghasilan. Jadi freelancer tidak merasa berkecil hati saat tidak memiliki apa yang orang lain alami sebab ada versi kalian sendiri.

 

2. Mental tahan banting itu modal utama

freelancer bukan pegawai yang menerima pekerjaan dari atasan. Semua pekerjaan itu tercipta atas usahamu dari nol. Bersabar dan asah mental tahan banting agar tidak mudah sakit hati saat bernegosiasi dengan klien, tahan dengan penolakan dan revisi sampai omongan kurang menyenangkan dari orang lain yang menganggap para freelancer pengangguran.

Baca juga 10 situs website gratis untuk belajar programing

 

3. Keseriusan dalam Bekerja

Tunjukkan profesionalitas Anda ketika bekerja termasuk ketika menjadi freelancer. Usahakan untuk selalu disiplin pada setiap proyek pekerjaan terutama yang memiliki deadline agar klien Anda merasa puas.

 

 4. Tabungan masa depan harus diprioritaskan

Kerja keras seorang freelancer tidak akan ada hasilnya jika manajemen keuangannya buruk. Para freelancer harus pandai mengelola pemasukan dan selalu menjadikan tabungan sebagai prioritas utama. Ingat bahwa seorang freelancer itu gak punya jaminan dan dana pensiun, kalau tidak mempersiapkan maka bagaimana nasib masa depan nanti?.

 

5. Pupuk semangat kerja yang tinggi

Seorang freelancer adalah karyawan dan bos dalam waktu yang bersamaan. Pupuk semangat kerja yang tinggi agar kamu bisa mengendalikan dua karakter ini jadi satu pemeran utama unggulan. Jangan mudah terlena dengan pencapaian dan juga jangan mudah menyerah dengan kegagalan.

 

6. Jadilah seorang yang fleksibel

Freelancer itu bebas, perlu pemahaman yang jelas tentang pekerjaan ini. freelancer bukan seorang karyawan yang hanya berkutat di depan komputer mengerjakan tugas yang sama setiap harinya. Jika hari ini ada pekerjaan menganai objek A, maka jangan menolak tawaran lain yang mengharuskanmu belajar objek C. Jadilah seorang yang fleksibel agar karir freelancer bisa berjalan lancar.

Nah, itu tadi beberapa prinsip yang wajib dimiliki para freelancer. Kira-kira apa kamu tertarik menjadi  freelancer dan mencari semua pekerjaanmu dari nol hingga goal sendirian? . Semoga artikel ini dapat membantu para freelancer diluar sana, fokus pada tujuan kalian agar mencapai goal yang diinginkan. Semangat!

Baca juga: Cara Hitung Lembur

Sumber: https://www.idntimes.com/life/career/lilelephant/prinsip-dasar-para-freelancer-c1c2