021-5315 4969 solution@larona.id

Kebanyakan iklan VPN yang kamu lihat di YouTube maupun blog melebih-lebihkan kegunaan dan kepentingnan VPN. Pengiklan VPN menyiratkan bahwa tanpa VPN, koneksi ke Internet kamu tidak aman, mudah dilacak, dll. Nyatanya tidak begitu dramatis seperti di iklan-iklan. Jika kamu punya komputer yang dapat diakses secara publik dari Internet, maka kamu bisa menggunakan VPN gratis menggunakan SSH.

Sistem SSH ini pada dasarnya membuat kamu terhubung ke komputer yang berada di luar jaringan, dan membuat seolah-olah traffic pada jaringan kamu berada di jaringan luar tersebut. Tujuan utamanya untuk keamanan, karena dengan protokol SSH, koneksi melalui Internet ter-enkripsi sehingga aman saat menggunakan wifi publik. Hal ini membuat perangkat yang terhubung ke internet lebih aman.

Tujuan kedua yaitu untuk menyembunyikan lokasi. Menghubungkan VPN ke jaringan di Singapur akan membuat kamu terlihat seperti berada di Singapur berdasarkan perspektif internet.

SSH dan VPN memiliki kemiripan, dan keduanya dapat digunakan untuk memenuhi 2 tujuan diatas. Berikut cara menggunakan VPN gratis menggunakan SSH Linux:

Persiapan

Pastikan kamu punya akses root pada kedua perangkat. Pada sisi server perlu konfigurasi pada /etc/ssh/sshd_config dengan mengatur PermitTunnel ke Yes dan AllowTCPForwarding ke Yes

Pengaturan Sisi Client

Jika kamu menggunakan NetworkManager pada distro Neon dan Debian, maka gunakan package network-manager-ssh. Selain package itu, kamu bisa gunakan line ini yang diambil dari blog pembuat network-manager-ssh :

ssh -f -v -o Tunnel=point-to-point -o ServerAliveInterval=10 -o TCPKeepAlive=yes -w 100:100 root@YOUR_SSH_SERVER \
'/sbin/ifconfig tun100 172.16.40.1 netmask 255.255.255.252 pointopoint 172.16.40.2' && \
/sbin/ifconfig tun100 172.16.40.2 netmask 255.255.255.252 pointopoint 172.16.40.1
Kamu perlu akses root pada client dan server karena pada dasarnya cara ini mengandalkan tunnel device.


Pengaturan Autentikasi

Kebanyakan sistem Linux tidak memperbolehkan akses root dengan password via SSH. Ketika NetworkManager menjalankan SSH, proses ini mencari host key sebagai root, jadi perlu kita atur root login.

Buka /etc/ssh/sshd_config dan ubah PermitRootLogin menjadi Yes. Kemudian restart SSH dengan:

systemctl restart sshd

atau:

/etc/init.d/ssh restart

Pada komputer lokal, gunakan ssh-copy-id untuk menginstall sertifikat pada komputer host. Kembali lagi ke /etc/ssh/sshd_config pada server, lalu ubah menjadi PermitRootLogin prohibit-password. Ini membuat kamu bisa akses root tanpa password, hanya dengan seritifkat.

Jika kamu sudah pernah login ke root, SSH akan meminta kamu untuk menerima server key. Jika ingin menambahkan beberapa opsi pada SSH, kamu bisa tambahkan sendiri jika start SSH secara manual, tapi jika start SSH otomatis maka kamu bisa ganti konfigurasi SSH root di /root/.ssh/config atau global config pada /etc/ssh/ssh_config

Final

Pengaturan sudah selesai, jika kemu menggunakan plugin NetworkManager, kamu tinggal buat koneksi baru, pilih VPN connections, dan pilih SSH.

Isi dengan opsi dan parameter yang sesuai, jangan lupa untuk menambahkan sertifikat yang kamu gunakan untuk login ke server tadi.

Berikut cara mendapatkan VPN gratis menggunakan SSH Linux. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang kesulitan menggunakan VPN berbayar.

Baca Juga: Perbedaan SSL vs TLS

Sumber: https://hackaday.com/2020/11/23/linux-fu-vpn-for-free-with-ssh/