021-5315 4969 solution@larona.id

Linux adalah salah satu sistem operasi paling populer yang digunakan perusahaan-perusahaan. Penggunaan Linux di server dan desktop yang banyak membuktikan kontribusi Linux yang sangat besar untuk dunia. Berikut 10 perusahaan besar yang menggunakan Linux.

 

1. Oracle

Oracle merupakan salah satu perusahaan yang paling besar dan populer dalam bidang layanan dan produk IT. Perusahaan ini tidak hanya menggunakan Linux, namun punya distribusi Linux sendiri bernama Oracle Linux.
Oracle memiliki berbagai produk yang diakui seluruh dunia seperti database, java, software virtualisasi, sistem operasi, dll.

Oracle menawarkan 2 sistem operasi: Oracle Solaris dan Oracle Linux. Jika anda ingin mencoba distribusi milik Oracle ini, anda bisa klik link ini untuk download ISO gratis.

 

2. NOVELL

NOVELL dulunya perusahaan yang bergerak di bidang software dan produk lainnya, sekarang ini sudah menjadi bagian dari perusahaan lain bernama Micro Focus. Novell juga memiliki distribusi Linux sendiri: SUSE Linux

SUSE Linux merupakan salah satu distribusi Linux yang paling penting karena banyak sekali perusahaan yang menggunakan itu. SUSE menawarkan dukungan yang baik untuk server. SUSE Linux merupakan distribsu yang berbayar, jika ingin mencoba alternatif gratis bisa mencoba OpenSUSE.

SUSE juga menawarkan training Linux profesional, anda bisa mendapatkan sertifikat SUSE. Layanan lain dari SUSE dapat ditemukan di websitenya:

SUSE: https://www.suse.com/
NOVELL: http://www.novell.com/home/
OpenSUSE: https://www.opensuse.org/

 

3. RedHat

RedHat adalah perusahaan yang menawarkan banyak produk seperti platform Linux, software virtualisasi, cloud computing, storage, dan mobile. RedHat juga menawarkan layanan profesional untuk konsultasi, sertifikasi, dll.

 

 

4. Google

Banyak orang yang tahu bahwa Linux adalah sistem operasi pemimpin yang mendukung layanan web, tentunya Google salah satu layanan web paling masif di dunia.

Server google menggunakan Linux, Android menggunakan Linux, dan ChromeOS menggunakan Linux.

 

5. IBM

IBM adalah perusahaan menawarkan software juga. IBM menawarkan produk solusi software berbasis sistem Linux.

IBM juga menawarkan sertifikasi untuk Linux, dan memiliki distribusi sendiri bernama LinuxONE.

Website: https://www.ibm.com/

LinuxONE: http://www-03.ibm.com/systems/linuxone/

 

6. Facebook

Merupakan salah satu sosial media yang paling besar dan populer, dibuat oleh Mark Zuckerberg.


Facebook tentunya menggunakan Linux untuk server-server yang menjalankan salah satu sosial media paling besar di dunia.

 

7. Amazon

Amazon menyediakan layanan seperti belanja online, layanan cloud Amazon Web Service, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini tentunya beroperasi dengan menggunakan Linux pada servernya.

 

8. Dell

Merupakan salah satu perusahaan yang mulai menjual personal computer dengan OS Linux didalamnya. Anda bisa beli laptop Dell dengan Ubuntu yang sudah terinstall dari pabrikan. Dell juga menjual server dan workstation Linux.

 

9. Samsung

Samsung menjual jutaan perangkat dengan OS Android dan ChromeOS yang berbasis Linux tentunya.

 

10. NASA

Laptop yang digunakan NASA di International Space Station atau ISS merupakan Linux. Laptop-laptop ini digunakan untuk mengakses komputer command-and-control.

 

Baca juga: 10 Website Gratis Untuk Belajar Programming

 

Sumber: http://www.linuxandubuntu.com/home/10-top-companies-that-are-powered-by-linux/