021-5315 4969 solution@larona.id

Untuk belajar coding online, biasanya Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya atau kursus coding bagi orang-orang tertentu, pada kesempatan kali ini, kami akan bahas 10 website gratis untuk belajar programming.

Meskipun mungkin saat ini Anda belum ada basic dalam hal coding, perlu diketahui kalau menguasai bahasa pemrograman ini akan mendatangkan keuntungan bagi Anda:

  • Mendapatkan skill yang dapat digunakan untuk karir di industri IT
  • Memberikan kemampuan untuk membuat/berpartisipasi dalam project software.
  • Memberikan pemahaman konsep programming, sehingga lebih familiar dengan penjelasan teknis

Berikut 10 website gratis untuk belajar coding:

1. Coursera

Coursera adalah sebuah platform yang menawarkan beberapa kelas pemrograman setara mata kuliah kampus secara gratis, dan memberikan sertifikat. Kamu bisa mulai membuat akun dan mulai mengambil beberapa kelas berdasarkan tanggal. Untuk kamu yang mencari kelas berdasarkan jadwalmu sendiri, Coursera adalah pilihan tepat karena hampir setiap kelas diselenggarakan dengan teratur.

2. W3Schools

Bagi kamu yang tertarik belajar pemrograman web, silahkan mampir ke situs w3schools.com. Bisa dibilang belajar pemrograman web dari situs ini merupakan pilihan yang benar-benar tepat. Pada situs web ini menyedikan berbagai tutorial dan seluk beluk pemrograman web. Mulai dari HTML, CSS, PHP, ASP, SQL, JSON, AJAX, Angular js, JQuery, Javascript, dan masih banyak lagi. Salah satu kelebihan situs ini adalah menu “examples” dimana kamu bisa melihat sebuah code dan hasil keluarannya. Sebagai contoh kamu ingin belajar HTML. Pada menu “examples” kamu tinggal pilih saja HTML, dan pilih bagian mana yang ingin kamu pelajari(Misal head, body, dan lain- lain). Maka seketika akan muncul kode dan hasilnya. Kamu juga bisa mengubah kode tersebut, sehingga Anda dapa mempraktekan langsung kode tersebut yang membuat Anda mudah untuk memahaminya.

3. Github

Github seperti buku referensi untuk para coder. Github mampu memenuhi hampir semua keingintahuanmu. Semacam Kaskus-nya koding gitu. Kamu bisa menampilkan hasil kodingmu dan berdiskusi dengan pengguna lainnya. Faktanya, jika kamu programmer profesional, sebaiknya mulai membuat akun Github karena banyak industri kreatif mencari programmer handal di situs ini.

4. CODEPOLITAN.COM

Situs web lain untuk belajar pemrograman dengan mudah adalah codepolitan.com. Hal yang membuat situs ini benar-benar menarik untuk dipelajari dari situs web ini adalah kerapian dari web tersebut. Sehigga bagi para pengunjungnya akan dibuat sangat nyaman dan mudah menemukan menu yang akan dicari.

codepolitan menyediakan macam pemrograman yang bisa Anda pelajari. Sebagai contoh pemrograman C, Phyton, Javascript, Java, PHP, serta HTML.  Informasi yang disediakan juga sangat lengkap. Mulai dari tipe data, operator, pengkondisian dan pemilihan, basis data, dan semua yang berhubungan dengan pemrograman. Web yang rapi dan informasi yang lengkap akan mempermudah Anda para pemula untuk mudah belajar melalui codepolotan.com. Selain itu situs web ini juga menggunakan bahasa Indonesia.

5. Codecademy

Tentu saja, daftar situs ini gak akan lengkap tanpa Codecademy. Di sini kamu bisa belajar koding bersama lebih dari 24 juta orang secara gratis. Kamu bisa belajar banyak bahasa pemrograman di sini, termasuk CSS, Javascript, PHP, HTML dan masih banyak. Situs ini telah meraih kepopulerannya karena memang Codecademy terbukti efektif dan cukup interaktif untuk digunakan. Kamu bisa belajar secara bertahap dan Codecademy akan menyimpan pekerjaanmu.Pokoknya situs ini yang paling mudah.

6. Stack Overflow

Situs web ini lebih ke sebuah forum yang dikhususkan untuk suatu teknologi salah satunya pemrograman. Jika Anda seorang programmer, tentunya forum ini tidak asing. Jika kita bertanya ke Google saat kita bingung menyelesaikan kode kita, maka stackoverflow sering muncul di paling atas atau paling banyak link ke stackoverflow yang muncul. Forum ini menggunakan bahasa Inggris, jadi jika kamu ingin bertanya gunakanlah bahasa Inggris. Tapi tidak ada salahnya bukan bel]ajar pemrograman sambil belajar bahasa Inggris. Jika kamu ingin bertanya jangan lupa daftar atau login terlebih dahulu. Selain bertanya mungkin kamu bisa juga menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh orang lain.

7. Malas Ngoding

Hampir sama dengan w3schools dimana situs web ini mengkhususkan untuk belajar pemrograman web. Namun situs web ini menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga bagi kamu yang kesulitan bahasa Inggris akan dengan mudah memahami saat belajar dari situs web ini. Tidak kalah dengan w3schools, malasngoding.com juga menyediakan fitur demo yang membantu mempermudah pembacanya agar lebih cepat mengerti. Tapi sebelumnya jangan lupa login terlebih dahulu.

8. Udemy

 Udemy adalah platform belajar online yang diciptakan untuk para profesional untuk meningkatkan kemampuan mereka. Meski beberapa kelas memang berbayar, namun kelas gratis tetap ada dan bahkan ada video tutorial yang bisa menunjang kemampuanmu.

9. Code Avengers

Perusahaan yang berbasis di Selandia Baru ini akan mengajarkan bahasa pemrograman dengan cara yang interaktif, karena memang tujuannya adalah mengajarkan pengguna bagaimana untuk koding permainan, aplikasi dan situs website dengan berbagai bahasa.

10. hack.pledge()

Situs ini cukup menarik karena di sini banyak berkumpul para developer yang memang mendedikasikan kemampuan mereka untuk mengajari orang-orang bagaimana untuk mengenal bahasa pemrograman. Yang lebih menarik dari situs ini adalah bahwa beberapa pengajarnya adalah orang-orang terkenal di dunia pemrograman. Bram Cohen salah satunya, ia adalah penemu BitTorrent yang sering masuk ke Hack.pledge.

Berikut tadi 10 website gratis untuk belajar programming, tekuni setiap pekerjaan dan hoby kalian jika memang sudah memutuskan untuk terjun kedalam dunia pemograman . semoga artikel ini dapat membatu para programmer pemula dalam mencari situs untuk belajar pemrograman yang gratis untuk di akses maupun di pelajari. Anda tak perlu menjadi anggota dari semua website belajar coding di atas. Pilihlah salah satu dan mulailah mempelajari setiap kursus dan material yang diberikan.

Baca juga: Sejarah SMTP

Sumber: