021-5315 4969 solution@larona.id

Google Drive merupakan salah satu platform cloud storage oleh Google yang bisa disebut paling populer. Pasalnya aplikasi ini umumnya sudah pre-installed di kebanyakan smartphone Android. Selain itu, storage ini terintegrasi dengan Google Account, sehingga makin mudah untuk digunakan siapapun.

Ketika bicara soal penyimpanan, Google Drive hanya memperbolehkan 15GB penyimpanan gratis per akun Google. Namun belakangan ini mungkin kamu sadar, ada banyak tawaran akun Google Drive “unlimited” di berbagai marketplace/online shop, tentunya dengan harga jauh lebih murah.

Tawaran di berbagai marketplace ini membanderol hingga semurah 20.000 saja, dengan janji masa berlaku seumur hidup. Sebagai perbandingan, Google Drive asli membandrol mulai dari 27.000 untuk kapasitas 100GB/bulan, 43.000 untuk 200GB/bulan, dan 135.000 untuk 2TB/bulan.

Bagaimana Bisa Murah?

Kebanyakan akun Google Drive murah yang beredar adalah akun Team Drive, dimana sebenarnya akun Team Drive merupakan akun gratis oleh Google, diberikan kepada lembaga pendidikan. Hal ini ditujukan untuk membantu para tenaga kerja yang bekerja di bidang pendidikan.

Akun Team Drive yang beredar merupakan hasil kerja oknum yang memanfaatkan akun tersebut untuk diperjualbelikan di situs-situs online shop.

Apa Resikonya?

Tentu kami menyarankan agar jangan beli akun Google Drive murah. Tapi apa resikonya? Data bisa hilang. Pelanggaran terhadap aturan dan tujuan utama dari akun Team Drive ini bisa berujung penghapusan akun oleh Google. Untuk itu sebaiknya jangan beli akun Google Drive murah tersebut.

 

Apakah Ada Alternatif?

 

Ingat kembali bahwa data kamu itu penting, jangan menaruh resiko tinggi terhadap data kamu. Gunakan akun sesuai dengan fungsi dan tujuan, gunakan paket Google Drive personal jika digunakan untuk perorangan. Apabila kamu memiliki bisnis ukuran menengah, kamu bisa gunakan akun Google Workspace yang biasa disebut G-Suite, dimana terdapat paket untuk penyimpanan Google Drive yang besar hingga unlimited.

Baca Juga: Apa itu Cloud Computing?

Sumber: https://tekno.kompas.com/read/2020/11/23/17220067/awas-ada-bahaya-tersembunyi-di-balik-akun-google-drive-murah?page=all#page3