021-5315 4969 solution@larona.id

Resesi, kata yang sering muncul akhir-akhir ini. Sebelum bahas tips, mari kulik Sebenarnya apa itu resesi?

Jadi dilansir dari ojk.go.id , resesi ekonomi adalah suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berurut-urut.

Resesi akan mempengaruhi daya beli masyarakat menjadi lemah dan pendapatan perusahaan akan semakin kecil. Hal ini akan membuat perusahaan memotong biaya operasional dengan melakukan PHK.

Sebagai karyawan, apa yang harus dilakukan untuk menghadapi kemungkinan terburuk tersebut, ini tips yang dapat dilakukan :

1. Mulai menabung, cut pengeluaran yang tidak perlu!

Tentu saja, hal pertama yang harus dilakukan yaitu menyimpan cash sebanyak-banyaknya. Memiliki dana cadangan adalah bentuk awal kesiapan untuk menghadapi kemungkinan terburut

Mulai tata ulang pengeluaran, tunda dahulu pengeluaran yang dirasa belum perlu.

Kurang-kurangi shopping atau makan mewah yang membutuhkan biaya besar, pindahkan budget tersebut ke tabungan.

2. Tingkatkan kinerja di perusahaan

Sebagai karyawan, pertahankan pekerjaanmu saat ini dengan meningkatkan kinerja kerjamu. Buat dirimu lebih produktif. Buat target spesifik dan terukur lalu capai target tersebut sesuai waktu yang sudah ditentukan. 

Tunjukan bahwa kamu berharga dimata perusahaan. Jika kamu dinilai berharga, perusahaan akan mempertahankan posisimu terlepas dari gelombang ekonomi yang terjadi.

payroll

3. Pelajari skill baru

Persaingan dunai kerja akan semakin ketat. Untuk itu akan sangat baik jika kamu memiliki banyak skill yang membuatmu unggul.

Banyak skill yang dapat dipilih, mempelajari skill yang relevan dengan pekerjaanmu saat ini akan memperkuat posisimu, memperlajari skill dibidang lain akan membuat opsi pekerjaan lebih beragam.

Hal tersebut dapat membuatmu tidak hanya bertumpu pada pekerjaanmu saat ini dan bahkan skill-skill tadi bisa “dijual”.

4. Buka peluang baru selain dari pekerjaan utama

Mulai lihat peluang-peluang penghasilan selain dari pekerjaanmu saat ini. Banyak hal yang bisa dilakukan seperti bisnis kecil-kecilan atau menjadi freelance yang waktu kerjanya fleksibel sehingga tidak mengganggu pekerjaan diperusahaanmu sekarang.