021-5315 4969 solution@larona.id

Ditengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, penjahat siber pun terus mencari cara untuk mendapatkan akses ke sebuah akun. Meretas suatu username dan password menjadi hal yang paling mudah digunakan penjahat siber untuk dapat mengakses akun pribadi. Multi-Factor Authentication dapat digunakan perusahaan sebagai strategi untuk mengamankan akses ke suatu akun. Simak informasi berikut untuk cari tahu selengkapnya apa itu MFA dan keuntungannya bagi keamanan akun dan bisnis Anda.

Apa itu autentikasi multi-faktor (MFA)?

Jadi, MFA merupakan komponen inti dari kebijakan Identity And Access Management (IAM) yang kuat. Dilansir dari aws.amazon Autentikasi multi-faktor (MFA) adalah proses login akun multilangkah yang mengharuskan pengguna memasukkan lebih banyak informasi daripada sekadar kata sandi. Misalnya, beserta kata sandi, pengguna mungkin diminta memasukkan kode yang dikirim ke email mereka, menjawab pertanyaan rahasia, atau memindai sidik jari. Bentuk autentikasi kedua dapat membantu mencegah akses akun yang tidak sah jika kata sandi sistem telah disusupi.

Mengapa autentikasi multi-faktor diperlukan?

Login biasanya dilakukan hanya dengan mamasukkan userID/email dan password. Password digunakan sebagai salah satu keamanan akun. Tetapi kombinasi password sering kali tidak diperhatikan tingkat kekuatannya. Pengguna sering membuat password yang mudah diingat seperti tanggal lahir, nama hewan peliharaan bahkan beberapa orang masih menggunakan password yang sangat umum seperti “12345678” atau “password” sehingga sangat mudah bagi hacker untuk meretasnya. Untuk itu diperlukan pengamanan tambahan agar akun terlindungi.

Sehingga Autentikasi multi-faktor diperlukan dengan bertindak sebagai lapisan keamanan tambahan untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses akun ini, bahkan ketika kata sandi telah dicuri. Bisnis menggunakan autentikasi multi-faktor (MFA) untuk memvalidasi identitas pengguna serta memberikan akses cepat dan nyaman ke pengguna yang berwenang.

MFA pada Larona

Dengan adanya MFA Feature pada Larona dapat memastikan proses login hanya dilakukan oleh user-user yang berhak sehingga keamanan lebih terjaga. Cara kerja MFA pada Larona adalah dengan mengirimkan kode OTP (One Time Password) ke email yang sudah diset di masing-masing user untuk kemudian dimasukkan saat login.

Selain itu, MFA saat ini sudah menjadi standar cybersecurity dalam mengautentikasi kepemilikan suatu user. Larona mengimplementasikan MFA terhadap seluruh klien sehingga keamanan akun dan data klien sangat terjaga. Amankan akun serta data Payroll atau ERP mu bersama kami. Hubungi kami sekarang untuk info lebih lanjut!