021-5315 4969 solution@larona.id

CentOS adalah akronim dari Community Enterprise Operating System dan merupakan rebuild dari RHEL (Red Hat Enterprise Linux). Jika RHEL berbayar, CentOS ditawarkan sebagai distro Linux yang gratis dan didukung oleh komunitasnya. Kebanyakan developer & perusahaan yang menggunakan Linux namun tidak ingin membayar biaya support RHEL beralih menggunakan CentOS untuk menghemat dan tetap menggunakan perangkat lunak sekelas enterprise yang dibutuhkan.

Namun, itu tidak akan bertahan selamanya. Red Hat telah mengumumkan CentOS Linux 8, sebuah rebuild dari RHEL Linux 8, akan berakhir pada 2021 dan CentOS Stream selanjutnya akan berpindah sebagai cabang Development dari RHEL.

 

Sejarah CentOS

Pertama kali CentOS dikenal di publik di May 2004 dengan nama CentOS ver. 2 dan difork dari RHEL 2.1AS (Advance Server). Setelah masa rilis nya, CentOS menjadi sebuah hit diantara pecinta Linux, perusahaan hosting web, developer, dan komunitas HPC. Hal itu karena CentOS menawarkan perangkat lunak sekelas enterprise dengan gratis, dengan self-support dan komunitas juga didukung untuk ikut terlibat melalui email mailing lists dan forum online, sebuah hal baik untuk berhemat jika dirasa sudah tidak memerlukan support atau kontrak RHEL.

 

Apa itu CentOS Stream?

CentOS Stream berada di antara Fedora dan RHEL. Dalam kata lain, CentOS Stream adalah distro Rolling-Release/Continuous-Delivery untuk RHEL. Contohnya adalah:

Upstream -> Downstream -> RHEL

Atau menjadi

Fedora Linux -> CentOS Stream -> RHEL

CentOS beralih fokus CentOS Stream dan CentOS Linux 8 akan berakhir di 2021

Dari pengumuman di email ini:

Masa depan dari project CentOS adalah CentOS Stream, dan di tahun yang akan datang kita akan berpindah fokus dari CentOS Linux, rebuild dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL), ke CentOS Stream, yang satu langkah lebih di depan dari versi RHEL saat ini. CentOS Linux 8, sebagai rebuild dari RHEL 8, akan berakhir di akhir 2021. CentOS Stream tetap berlanjut setelah itu, berperan sebagai cabang upstream (development) dari Red Hat Enterprise Linux. Ketika CentOS Linux 8 (Rebuild dari RHEL 8) sudah berakhir, opsi terbaik adalah untuk migrasi ke CentOS Stream 8, yang hanya berbeda sedikit dari CentOS Linux 8, dan memiliki update reguler sama seperti CentOS Linux tradisional. Jika anda menggunakan CentOS Linux 8 di lingkungan production, dan khawatir CentOS Stream tidak bisa memenuhi kebutuhan anda, kami mendorong anda untuk menghubungi Red Hat mengenai pilihan lainnya.

Bagaimana CVE (Common Vulnerabilities & Exposures) akan ditangani di CentOS Stream?

Issue keamanan akan selalu di update di CentOS Stream setelah solusi tersebut berhasil di versi RHEL saat ini. Tentu, embargo keamanan tidak bisa dirilis secara publik sebelum embargo tersebut diangkat. Walaupun tidak akan ada SLA mengenai waktunya, Engineers Red Hat akan tetap membangun dan melakukan testing paket lain dengan rilis-rilis tersebut. Jika mereka tidak tersedia di update-update yang tersedia, perangkat lunak lainnya yang mereka bangun juga dapat terkena dampaknya dan harus dibuat ulang. Dengan begitu ada kepentingan pribadi bagi mereka untuk mengeluarkan update sehingga build lainnya tidak terkena dampaknya dan tidak akan ada kesulitan dalam mendapatkan update keamanan.

Dalam kata lain, pengguna CentOS Stream dapat menggunakan RHEL lebih dulu dibandingkan yang lain dan dapat melaporkan bugs, tapi mereka tidak akan mendapatkan update keamanannya hingga permasalahan tersebut selesai di RHEL. Sebuah situasi yang sulit.

 

Apakah ini berarti CentOS Stream adalah platform test dari RHEL BETA?

Sesuai FAQ:

Tidak. CentOS akan mendapatkan fitur dan fixes lebih dulu dibandingkan RHEL. Secara gambaran besar, kita berharap CentOS Stream memiliki bug yang lebih sedikit dan fitur runtime yang lebih banyak dibandingkan RHEL hingga paket tersebut rilis di RHEL.

Tidak ada opsi jika anda menggunakan CentOS untuk CI karena anda tidak bisa menggunakan license RHEL developer. Dan, CentOS bisa memiliki API/ABI yang berbeda, jadi anda tidak bisa hanya test atau build paket EPEL secara local saja.

 

Bisakah komunitas CentOS yang melanjutkan pengembangan dan support CentOS Linux?

Red Hat berkata mereka tidak akan memberikan dukungan untuk kesana, ataupun memberikan ijin untuk menggunakan merek CentOS digunakan dalam project tersebut, karena dianggap tidak sesuai dengan tujuan fokus ulang dengan CentOS Stream. Walaupun, CentOS tetap bersifat Open-Source dan mereka juga tidak akan menghentikan orang lain dalam menggunakan kode tersebut.

Baca juga: 10 Website Gratis Untuk Belajar Programming

 

Sumber: https://www.cyberciti.biz/linux-news/centos-linux-8-will-end-in-2021-and-shifts-focus-to-centos-stream/